Desain Ruang Kerja untuk Work From Home Supaya Lebih Nyaman

Selama pandemi Covid ini, banyak orang yang terpaksa harus bekerja dari rumah. Meski terlihat lebih nyaman, namun ternyata WFH (Work From Home) bisa membuat bosan atau jenuh. Solusinya, Anda bisa mengatur desain ruang kerja untuk work from home supaya lebih nyaman.

Mendesain ruang kerja sebenarnya tidak begitu sulit, yang terpenting Anda mau meluangkan waktu sebentar untuk mendesainnya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, agar ruang kerja Anda nyaman dan tidak membosankan meski Anda tempati setiap harinya.

Pakai Perabot yang Nyaman

Salah satu perabot ruang kerja yang cukup penting yaitu kursi. Pasalnya, kursi adalah tempat dimana Anda bisa duduk dalam waktu cukup lama. Jadi, pastikan Anda memiliki kursi yang nyaman. Bayangkan jika kursi Anda kurang nyaman, sudah pasti Anda akan cepat lelah atau pegal-pegal.

Hadirkan Furniture Mirip Kantor

Selain perabot yang nyaman, Anda juga bisa menghadirkan furniture yang mirip dengan furniture kantor. Misalnya, meja kerja, file organizer, laptop atau PC, printer, atau yang lainnya. Desain meja kerja yang mirip dengan di kantor, bisa membangkitkan semangat kerja seperti di kantor Anda yang sebenarnya.

Perhatikan Pencahayaan

Percaya atau tidak bahwa pencahayaan juga turut berpengaruh pada suasana kerja. Sebaiknya Anda pilih lampu yang sesuai dengan kebutuhan, jangan terlalu terang atau redup. Hindari juga sorot lampu yang menyilaukan mata. Satu lagi, Anda juga bisa pilih lampu yang bentuknya unik, agar tidak membosankan.

Pasang Rak atau Kabinet

Selanjutnya, Anda bisa memasang rak atau kabinet. Rak atau kabinet bisa dipasang di sisi dinding dekat dengan meja kerja Anda. Selain sebagai pemanis ruangan, rak atau kabinet tentu juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan, misalnya buku, alat tulis, atau bisa juga sebagai tempat pajangan.

Dekor Ruangan

Menghadirkan suasana nyaman pada ruang kerja bisa dengan banyak cara, salah satunya yaitu dengan mendekornya. Anda bisa pilih stiker atau wallpaper untuk ditempel di dindingnya. Bisa juga dengan menggantungkan beberapa poster sesuai dengan kesukaan Anda.

Ornamen Pendukung

Selain hal-hal di atas, Anda juga bisa menambahkan ornamen pendukung lainnya, misalnya yaitu:

  1. Lilin aromaterapi.
  2. Pot kecil lengkap dengan tanaman.
  3. Frame foto keluarga atau pasangan.
  4. Miniatur.
  5. Boneka kecil.

Opsi di atas tentu disesuaikan dengan minat Anda. Misalnya jika Anda suka musik, mungkin bisa tambahkan miniatur gitar. Ornamen tersebut bisa diletakkan di meja maupun di tempel di dinding.

Meskipun ruang kerja ditujukan memang untuk bekerja, namun sejatinya tidak ada aturan baku terkait desainnya. Apalagi ruang kerja untuk WFH, Anda memiliki kuasa penuh untuk mendekornya sesuai dengan kesukaan Anda. Tujuan utamanya adalah, Anda bisa nyaman bekerja meski hanya di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *