Tips Membeli Furniture Kayu Jati dengan Kualitas Terbaik

Furniture berbahan kayu jati menjadi salah satu yang paling difavoritkan oleh banyak orang, mungkin termasuk Anda. Namun sayangnya, banyak furniture kayu jati yang dipalsukan. Jika Anda tidak jeli, bisa-bisa Anda akan tertipu. Berikut tips membeli furniture kayu jati dengan kualitas terbaik.

Tips Membeli Furniture Kayu Jati dengan Kualitas Terbaik

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli furniture kayu jati, sebaiknya perhatikan dulu beberapa hal berikut agar Anda tidak kecewa nantinya.

  1. Pilih Kayu Jati Tua

Pertama, kualitas terbaik dari kayu jati yaitu justru didapatkan saat kayu jati sudah tua. Semakin tua usianya, maka kayu akan semakin kokoh. Ciri-ciri kayu jati yang telah tua bisa dilihat dari beberapa hal berikut:

  1. Bobot lebih berat.
  2. Serat kayu terlihat lebih tajam dan banyak.
  3. Serat kayu sangat padat.
  4. Warna cenderung coklat tua menuju kemerahan.
  5. Warna merata di seluruh bagian kayu.
  • Perhatikan Konstruksi Furniture

Setelah yakin bahwa kayu jati yang digunakan berkualitas baik (sudah tua), selanjutnya perhatikan detail konstruksinya. Anda bisa memeriksa setiap sudut, misalnya pada kaki-kaki kursi atau meja. Agar lebih yakin, Anda bisa langsung mencobanya sendiri.

Anda bisa duduk di atasnya, dan rasakan apakah kursi sudah benar-benar kokoh atau masih ada guncangan. Percobaan ini juga bisa dilakukan pada furniture lain selain kursi. Misalnya lemari, meja, kabinet, rak atau yang lainnya.

  • Perhatikan Finishing

Finishing juga merupakan bagian penting dalam menentukan kualitas sebuah perabot kayu jati. Anda bisa merapa seluruh permukaan kayu, finishing yang bagus akan membuat permukaan kayu terasa halus dan mulus. Selain itu juga pastikan semua pori-pori kayu tertutup sempurna.

Setelah yakin finishingnya bagus, jangan lupa untuk menanyakan kepada penjual terkait jenis finishing yang digunakan. Jika Anda berencana meletakkan furnitur kayu jati di luar ruangan, maka pastikan finishingnya mampu melindungi kayu dari pengaruh panas atau hujan.

  • Beli di Toko yang Terpercaya

Cara terakhir jika Anda masih ragu, Anda bisa beli di toko yang sudah memiliki reputasi baik. Anda bisa melakukan survey untuk memastikan bahwa toko yang ingin Anda tuju memang benar-benar terpercaya.

Tanyakan banyak hal kepada penjual, misalnya asal-usul kayu jati, usia kayu jati, dan sebagainya. Obrolan “basa-basi” tersebut setidaknya bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum deal membelinya. Perlu diingat juga bahwa harga kayu jati sedikit lebih mahal dibanding jenis kayu lainnya.

Furniture kayu jati menjadi perabot yang wajib dipilih, terutama bagi Anda yang sangat suka dengan konsep klasik. Bagi Anda yang menyukai konsep modern, jangan khawatir, karena sekarang sudah banyak tersedia furniture kayu jati yang didesain secara modern, misalnya dicat dengan warna-warna terang.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *